Tuesday, 13 March 2012

CONTOH REVIEW JURNAL

Share it Please
Review Jurnal Intervensi Person-Centered Therapy

Judul
A Person-centered Approach to Studying the Linkages among Parent–Child Differences in Cultural Orientation, Supportive Parenting, and Adolescent Depressive Symptoms in Chinese American Families.
Jurnal
Journal Youth Adolescence
Volume & Halaman
Vol. 37, Hal. 36-49
Tahun
2008
Penulis
Scott R. Weaver & Su Yeong Kim
Reviewer
SRI UTAMI HALMAN (1171040009)
Tanggal
24 Desember 2013

Tujuan Penelitian
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik bagaimana orientasi budaya Tionghoa, orang tua imigran dan anak-anak mereka dapat berinteraksi untuk menghasilkan peningkatan gejala depresi di kalangan remaja melalui lingkungan pengasuhan yang kurang mendukung.
Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah 451 keluarga Amerika Cina yang berada di California Utara berpartisipasi di penelitian masa sekarang. Remaja (53,8% perempuan) berusia rata-rata 13 tahun (SD = 0,73) pada gelombang pertama dan 17,05 tahun (SD = 0.80) pada gelombang kedua. Anak-anak remaja yang terutama (75%) kelahiran US. Kebanyakan orang tua (87% dari ayah, 90% dari ibu) yang kelahiran asing. Rata-rata usia pada saat imigrasi adalah 30,45 tahun (SD = 10.03) untuk ayah dan 28,30 tahun (SD = 8.80) untuk ibu. Lama waktu di AS rata-rata 17,46 tahun (SD = 9.73) untuk ayah dan 15,74 tahun (SD = 8.36) untuk para ibu. Mayoritas dari kedua ayah (63,1%) dan ibu (68,4%) melaporkan mencapai sekolah tinggi atau tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Kisaran pendapatan tahunan keluarga rata-rata adalah $30,001-$45,000, meskipun distribusi pendapatan ditunjukkan variabilitas yang cukup besar, dengan 13% melaporkan kurang dari $15.000 dan 6,2% melaporkan lebih dari $105.000. Sebagian besar remaja (85%) tinggal dengan kedua orang tua, dengan 10,7% hidup dengan hanya ibu mereka, 1,2% hidup dengan hanya ayah mereka, dan remaja yang tersisa tinggal di konfigurasi struktur keluarga lainnya.
Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Kuesioner ini diberikan pada remaja dan orang tua keturunan China Amerika.
Definisi Operasional Variabel Dependen
Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Adolescents’ cultural orientation (orientasi budaya remaja).
·         Tsai dan Chentsova (Weaver & Kim, 2008) menyatakan bahwa mode diferensial dan tingkat akulturasi dapat mengakibatkan perbedaan orangtua dan anak dalam budaya orientasi, yang didiartikan sebagai sejauh mana individu dipengaruhi dan secara aktif terlibat dalam tradisi, norma, dan praktik budaya tertentu.
·         Portes (Weaver & Kim, 2008) menjelaskan bahwa orang tua imigran dan anak-anak mereka baik pengalaman kekuatan asimilasi, anak-anak sering berasimilasi di tingkat yang lebih cepat dari orang tua mereka, hak ini disebut dengan disonan akulturasi.
Cara & Alat Mengukur Variabel Dependen
Cara dan alat yang digunakan untuk mengukur variabel dependen yaitu:
·         Cara yang digunakan untuk mengukur variabel dependen yaitu melakukan perekrutan untuk indikator remaja keturunan Cina-Amerika. Penelitian dibagi dua gelombang, gelombang pertama pada tahun 2002 dan gelombang kedua 2006.
·         Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner yang digunakan terdiri atas dua versi, yaitu versi bahasa Inggris dan versi bahasa China.
Definisi Operasional Variabel Independen
Variabel independen dalam penelitian ini adalah person centered approach.
·         Pendekatan berpusat pada orang telah dianggap mampu keuntungan untuk meneliti tentang remaja dan keluarga (Bergman 2001; Mandara 2003). Aspek utama dari pendekatan berpusat pada orang adalah penekanan pada pemahaman terhadap individu secara keseluruhan, bukan pada karakteristik individu atau variabel itu sendiri. Kekuatan dari pendekatan berpusat pada orang adalah kemampuannya untuk mengakomodasi non-linearities dan interaksi yang tidak dapat dengan mudah terwakili dalam berpusat variabel model (Bergman, 2001).
Langkah-langkah Terapi
Langkah-langkah yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah:
1.      Tahun 2002 dilakukan perekrutan di tujuh sekolah menengah di daerah metropolitan utama California utara dengan bantuan dari administrator sekolah (dipilih berdasarkan kriteria).
2.      Meminta persetujuan dari keluarga mengenai penelitian tersebut.
3.      Peserta diberi paket kuesioner yang akan dikumpulkan dua sampai tiga minggu setelah surat oleh staf penelitian diterima peserta.
4.      Melakukan studi tingkat lanjut pada tahun 2006.
5.      Membagikan dua versi kuesioner kepada peserta, yaitu kuesioner dalam bahasa China dan bahasa Inggris.
Hasil Penelitian
Secara keseluruhan, hasil penelitian ini memberikan beberapa dukungan untuk gagasan bahwa disonansi generasi berhubungan dengan dukungan orangtua dan tingkat kebersamaan simtomatologi depresi. Secara umum, memiliki orangtua dengan profil bicultural tampaknya paling menguntungkan jika remaja sama memiliki profil bicultural. Hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian ini bukan ibu atau ayah bicultural, melainkan kombinasi dari sebuah biculturally orangtua dan remaja. Konfigurasi ini mungkin optimal, karena melibatkan jarak minimal antara orangtua dan anak di kedua budaya China dan Amerika saat masih berada pada lingkungan keluarga yang memiliki aspek nilai-nilai budaya dan tradisi Cina serta sama dihargainya oleh orang tua dan anak.
Kekuatan Penelitian
Kekuatan penelitian ini adalah alat yang digunakan dalam penelitian berupa kuesioner cukup mudah digunakan oleh subjek penelitian sehingga dalam pengambilan datanya tidak dibutuhkan waktu yang lama seperti pada metode kualitatif.
Kelemahan Penelitian
Kelemahan penelitian ini adalah rentan waktu penelitian yang digunakan pada wave 1 ke wave 2 cukup jauh, yaitu 4 tahun sehingga subjek yang dapat ikut pada wave 2 hanya 80%.


Lihat jurnalnya di sini

30 comments:

  1. sipp sama-sama :)
    makasih sudah berkunjung :D

    ReplyDelete
  2. terma kasih infonya.,
    sangat bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
  3. sama-sama.
    terima kasih juga telah berkunjung :D

    ReplyDelete
  4. saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
    Artikel yang menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete
  5. apa saat meriview harus dibiat tabel seperti itu?

    mencari jurnal psikologi itu dimana?

    ReplyDelete
  6. menurut sepemahaman dan ilmu yang saya dapat, review jurnal memang harus dibuat tabel seperti di atas.
    linknya bisa di proquest.com mbak, ato di google juga bisa :)

    ReplyDelete
  7. rajin merespon...:)
    pengunjung merasa diperhatikan...hheheh
    usefull post...
    keep posting...:) :)

    ReplyDelete
  8. hehehe iye makasih banyak gan :) :D

    ReplyDelete
  9. Trima kasih, post-nya sangat bermanfaat.
    Untuk jurnal bhs inggrisnya bisa tlg dibantu, sy blm menemukan

    ReplyDelete
  10. maaf gan, untuk review jurnal yang ini saya tidak melampirkan jurnal aslinya berhubung karena suatu hal, tapi untuk jurnal lainnya InsyaAllah akan selalu saya sertakan, terima kasih :)

    ReplyDelete
  11. review jurnal sama resume jurnal itu sama atau kaga ya mbak?

    ReplyDelete
  12. sepamahan saya sih review sama resume itu beda mas. review itu mengulas kembali, kalo resume itu merangkum (mengambil bagian yang penting).

    ReplyDelete
  13. permisi mbk sri, mw nanya..
    utk format jurnal yg dicantumkan tersebut pakai refrensi dari mana y?
    saya tertarik mempelajari lebih dalam ni.
    formatnya bagus, sangat membantu ^_^

    ReplyDelete
  14. untuk format meriview jurnal saya dapat dosen mas, terimakasih :)

    ReplyDelete
  15. Misi mbak Utami...
    Format review nya bagus, bnar2 tersusun dgn rapi...
    Kira2 ada contoh review jurnal yg lainnya gag ?

    Makasih.

    ReplyDelete
  16. sepemahaman saya, cara review jurnal memang seperti di atas. untuk contoh lainnya saya belum pernah temukan mas. terima kasih :)

    ReplyDelete
  17. Sedikit memberikan gambaran, huuuffffhhh betapa susahnya kuliah. tapi ya itulah kuliah, kalau ga susah bukan kuliah namanya. Semakin kita bingung semakin kita berpikir. thanks contoh review jurnalnya

    ReplyDelete
  18. nice qoute :)
    terima kasih telah berkunjung gan :D

    ReplyDelete
  19. wah jadi tau bedanya review sama resume
    makasih mbak

    ReplyDelete
  20. sama-sama terima kasih juga telah berkunjung :)

    ReplyDelete
  21. Assalamu Alaikum, Saudaraku Sri Utami, tulisan Anda diterbitkan di

    www.portal-gorontalo.com/2013/04/bagaimana-cara-menulis-review-sebuah-tulisan-buku-artikel.html

    ReplyDelete
  22. mba kalau review sama resume itu sama ga ya ? soalnya saya ada tugas buat ngeresume jurnal , mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
  23. maaf mbak repsonnya telat...
    review itu mengulas kembali, kalo resume itu merangkum (mengambil bagian yang penting).

    ReplyDelete
  24. (1171040009) maksud dr angka itu apa yah mba? ada pada review nama anda dan muncul angka tersebut. terimakasih :)

    ReplyDelete