Saturday, 12 October 2013

OBSERVASI PERASAAN SENANG PADA FILM PATCH ADAMS

Mengobservasi Perasaan Senang pada Film Patch Adams

Definisi Operasional:
Senang merupakan salah satu bagian dari emosi yang ada selain diantaranya emosi sedih, marah, cinta, benci, dan lain-lain. Senang termasuk ke dalam emosi positif manusia. Senang dapat meliputi perasaan puas, lega, tanpa rasa susah dan kecewa, tidak ada sesuatu yang menyusahkan dan kurang dalam hidupnya, gembira dan suka pada suatu hal. Emosi senang selalu menimbulkan perasaan positif pada orang yang mengalaminya sehingga membuat individu merasa lebih mudah dan ringan dalam melakukan sesuatu. Indikator yang terkait dalam hal ini meliputi:
·         Tertawa lepas
·          Tersenyum
·         Ekspresif
·         Puas
·         Bangga
·         Bersorak
·         Tingkahnya tidak jelas
·         Melakukan hal yang tidak biasanya
·         Menjadi begitu baik hati
·         Wajahnya terlihat sumringah


Perilaku senang tokoh utama dalam film
·         Pada menit ke 08.32-09.20 dapat dilihat bahwa tokoh utama begitu senang ketika berkumpul dengan para pasien di RSJ dan mengolok-olok salah seorang pasien yang menderita katatonik sehingga membuat dokter marah padanya.
·         Pada menit ke 11.39 ketika ia berhasil menjawab dengan benar pertanyaan dari Arthur ia tersenyum ketika melihat Arthur tertawa karena merasa bangga padanya.
·         Pada menit ke 15.20 ia terlihat begitu puas dan tersenyum ketika berhasil mengantarkan Rudy ke kamar mandi yang selalu berdelusi bahwa ada tupai di kamarnya.
·         Pada menit 16.23 ia terlihat begitu puas ketika behasil mengatakan kepada dokter bahwa ia akan meninggalkan rumah sakit dan ingin membantu orang-orang.
·         Pada menit ke 19.07 ia tersenyum ketika melihat seorang wanita yang menarik perhatiannya di dalam kelas
·         Pada menit ke 23.13 ia tertawa begitu lepas ketika sedang melucu dengan teman baru yang dikenalnya dalam suatu acara
·         Pada menit ke 23.47 ia bersorak karena memenangkan lomba balapan daging
·         Pada menit ke 31.14 ia terlihat begitu puas dan bahagia ketika baru saja menghibur anak-anak yang sedang sakit di rumah sakit.
·         Pada menit ke 37.13 ia tertawa dengan gembira ketika berhasil menghibur anak-anak yang ada di rumah sakit
·         Pada menit ke 39.14 ia tertawa ketika menyuruh Carin memakai hidung badut yang sering digunakannya
·         Pada menit 40.56 ia kelihatan begitu puas ketika berhasil membuat Jackie menikmati safari terakhirnya dengan menembak balon-balon dengan senapan mainannya.
·         Pada menit ke 45.13 ia tertawa terbahak-bahak ketika menghibur salah satu anak yang merupakan pasien dari rumah sakit kampusnya
·         Pada menit ke 51.52 ia terlihat begitu puas ketika berhasil membuat salah satu pasien yang bernama Bill tertawa, ia kemudian membawa pasien tersebut keluar dari kamar sambil ia menggunakan pakaian peri dengan sayap dan lingkaran putih di atas kepalanya.
·         Pada menit ke 05.53 (disc 2) ia terlihat begitu merasa puas ketika mengadakan pesta ulang tahun untuk Carin wanita yang dicintainya.
·         Pada menit ke 07.55 (disc 2) ia kelihatan kaget dan tersenyum ketika Carin menciumnya.
·         Pada menit ke 18.20-19.50 (disc 2) ia terlihat puas ketika memperilatkan sebuah tempat yang indah dan rumah untuk praktinya membantu orang-orang kepada Carin.
·         Pada menit ke 27.45 (disc 2) ia tersenyum ketika melihat Carin telah bangun dari tidurnya.
·         Pada menit ke 41.28 ia tersenyum dan kemudian tertawa melihat kupu-kupu yang hinggap di jarinya, hal tersebut mengingatkannya kepada Carin.
·         Pada menit ke 42.32 ia bersorak penuh semangat ketika member kejutan kepada Ny. Kenedy.
·         Pada menit ke 51.29 ia tersenyum dengan penuh haru ketika pasien yang ditanganinya selama ini muncul satu persatu dari pintu dan memberikan semangat kepadanya.
·         Pada menit ke 54.38 ia tersenyum karena diluluskan untuk menjadi seorang dokter.
·         Pada menit ke 56.36 ia tersenyum kepada Dekan Walcott ketika penyerahan sertifikat kelulusannya, dan semua orang bersorak untuknya.
Berdasarkan hasil observasi pada film yang berjudul Patch Adams, maka dapat disimpulkan bahwa tokoh utama dalam film tersebut memiliki sifat openness (keterbukaan) seperti pada poin ke 4 dalam Big Five Personality. Dimana, sifat openness tersebut meliputi individu yang menilai pencarian proaktif dan penghargaan terhadap pengalaman untuk dirinya sendiri, toleransi bagi dan eksplorasi terhadap yang tidak biasa. Sifat openness yang lebih tinggi dapat dlihat pada individu yang memiliki rasa ingin tahu, minat yang luas, kreatif, orisional, imajinatif, tidak tradisional.
Pada film tersebut sangat jelas terlihat bahwa tokoh utama Patch Adams selalu berusaha untuk membuat orang-orang disekitarnya untuk tersenyum dan bahagia, utamanya para pasien yang berada di rumah sakit universitasnya. Ia disenangi oleh semua orang karena sifat kreatif yang dimilikinya untuk membuat pasien merasa bahagia sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Patch Adams memiliki jiwa yang kreatif dan imajinatif dan dapat memacu orang-orang disekelilingnya untuk berbuat seperti apa yang dilakukannya, dan pada akhirnya ia berhasil membuat impiannya menjadi nyata.



Referensi:
Chaplin, J.P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi. Penerjemah: Dr. Kartini Kartono. Jakarta: Rajawali Pers.
Pervin, Lawrence A. dkk. 2010. Psikologi Kepribadian, Teori dan Penelitian: edisi kesembilan. Jakarta: Kencana.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

0 comments:

Post a Comment

 

Menulis selalu lebih menyenangkan daripada kerja tugas! Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang